headerphoto

Pendaftaran Jalur PMDP 2013

Senin, 4 Maret 2013 14:39:01 - oleh : akper

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDP

Akademi Keperawatan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Tahun Ajaran 2013/2014

 

Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu Lembaga pendidikan yang mempunyai tujuan perawat yang berkompenten, handal dan mandiri. Guna mencapai hal tersebut Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah telah melakukan pengembangan penjaminan mutu pendidikan mulai penjaringan mahasiswa baru, kualitas pendidikan, kurikulum, tenaga pengajar, proses pembelajaran dan sarana prasarana yang mendukung hasil yang maksimal. Untuk itulah ditahun akademik 2013/2014 Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah membuka pendaftaran Seleksi Mahasiswa Baru (Sipenmaru) melalui seleksi Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) bagi calon lulusan SMA/MA Jurusan IPA yang memiliki prestasi akademik terbaik dan minat yang tinggi untuk menempuh pendidikan perawat.

 

Seleksi PMDP di Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah pada tahun ini dilakukan berdasarkan seleksi prestasi akademik dan minat yang tinggi untuk mengikuti pendidikan kesehatan keperawatan. Seleksi ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu :


Tahap I                        : Seleksi Persyaratan Administrasi dan Raport
Tahap II                       : Seleksi TPA (Test Potensi Akademik) dan  Wawancara
Tahap III                      : Seleksi Pemeriksaan Kesehatan

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

A. SYARAT AKADEMIK

  1. Pada saat mendaftar, peserta adalah siswa kelas XII SMA/MA Jurusan IPA tahun ajaran 2012/2013
  2. Memiliki nilai raport minimal 6,00 pada semua mata pelajaran pada semester I s.d semester V dan nilai minimal 7,00 pada mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia Matematika, Biologi, Fisika, Kimia pada semester I s.d semester V
  3. Peserta yang diterima/lulus seleksi PMDP tetapi ybs tidak lulus Ujian Nasional SMA/MA dinyatakan gugur.

B. SYARAT ADMINISTRASI

  1. Formulir pendaftaran yang ditandatangani dan diketahui orang tua/wali
  2. Surat rekomendasi yang menyatakan bahwa ybs memiliki prestasi baik akademis maupun non akademis yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan cap basah sekolah
  3. Fotocopy nilai raport yang  dilegalisir oleh kepala sekolah
  4. Fotocopy akreditasi sekolah yang dilegalisir oleh kepala sekolah
  5. Pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 5 (lima) lembar dengan latar belakang merah dan masing-masing foto diberi nama dibagian belakang foto.
  6. Sertifikat pemenang lomba ilmiah/bidang pengetahuan dan teknologi, seni, dan olah raga minimal tingkat kota/kabupaten (Bagi yang memiliki) sebagai syarat pendukung
  7. Surat pernyataan yang bersangkutan bersungguh-sungguh berminat mengikuti pendidikan di Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah, berperilaku baik yang tidak melanggar nilai budaya, agama, hukum  dan aturan yang berlaku di Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah (Merokok, Miras, Narkoba, Asusila, Kriminal) serta sanggup memenuhi biaya pendidikan selama menempuh pendidikan di Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah tepat waktu.

Surat pernyataan tersebut ditandatangani ybs diatas materai Rp. 6.000,-  dan diketahui orang tua.          

C. PERSYARATAN KHUSUS

  • Tinggi badan calon peserta :


           Laki-laki                        = 160 cm


           Perempuan                    = 155 cm


  • Berat badan proporsional sesuai dengan IMT  (18 s.d 25)


  • Tidak buta warna

Untuk persyaratan khusus ini, dilakukan di Kampus Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah pada saat ybs menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran.

 

 

Tata Cara Pendaftaran Seleksi Jalur PMDP Tahun Ajaran 2013/2014

  1. Peserta dapat melihat pengumuman di website Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah www.akperpemprov.jateng.go.id  dan dapat mendownload berkas-berkas persyaratan (formulir, surat rekomendasi, surat pernyataan,dan form pemeriksaan kesehatan) atau dapat mengambil berkas tersebut secara langsung di kampus I dan kampus II.
  2. Setelah mendownload seluruh berkas-berkas yang disyaratkan atau mengambil berkas secara langsung di kampus, berkas-berkas tersebut wajib diisi dengan benar dan sesuai.
  3. Kelengkapan berkas persyataan yang diserahkan ke Panitia Seleksi adalah sebagai berikut :


  1. Formulir pendaftaran yang ditandatangani dan diketahui orang tua/wali dan ditempeli foto.
  2. Surat rekomendasi yang menyatakan bahwa ybs memeliki prestasi baik akademis maupun non akademis yang ditandatangani oleh kepala sekloah dan cap basah sekolah
  3. Fotocopy nilai raport yang  dilegalisir oleh kepala sekolah
  4. Fotocopy akreditasi sekolah yang dilegalisir oleh kepala sekolah
  5. Pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 5 (lima) lembar dengan latar belakang merah dan masing-masing foto diberi nama dibagian belakang foto (satu lembar ditempel di formulir pendaftaran, satu lembar ditempel di form kesehatan dan satu lembar ditempel di form ceklist, dua lembar diserahkan kepada panitia).
  6. Sertifikat pemenang lomba ilmiah/bidang pengetahuan dan teknologi, seni, dan olah raga minimal tingkat kota/kabupaten (Bagi yang memiliki) sebagai syarat pendukung
  7. Form pemeriksaan kesehatan yang ditempeli foto
  8. Surat pernyataan yang bersangkutan bersungguh-sungguh berminat mengikuti pendidikan di Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah, berperilaku baik yang tidak melanggar nilai budaya, agama, hukum  dan aturan yang berlaku di Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah (Merokok, Miras, Narkoba, Asusila, Kriminal) serta sanggup memenuhi biaya pendidikan selama menempuh pendidikan di Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah tepat waktu.

Surat pernyataan tersebut ditandatangani ybs diatas materai Rp. 6.000,-  dan diketahui orang tua.

  1. Semua berkas masing-masing peserta dimasukkan dalam stofmap berwarna biru
  2. Berkas  persyaratan dan diserahkan langsung kepada panitia seleksi di :

Kampus 1 Jalan  Pakuwojo PO BOX 04/104, Sumberan Barat Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah

Telepon/faks 0286 321122

Kampus 2 Jalan Merapi 17 A Suwakul, Ungaran, Kabupaten Semarang   Jawa Tengah

Telepon/faks 024 6921477

CATATAN             :

  • Seluruh berkas dilengkapi dan di tata berdasarkan urutan
  • Pendaftaran tidak dapat dilakukan secara kolektif atau diwakilkan, ybs WAJIB datang secara langsung ke Kampus Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah

 

SELEKSI TAHAP I (KELENGKAPAN BERKAS, PRESTASI AKADEMIK DAN PERSAYARATAN KHUSUS)

Pada seleksi tahap I meliputi :

  1. Kelengkapan berkas persyaratan administrasi pendaftaran
  2. Prestasi akademik ditunjukkan dengan raport semester I s.d semester V sesuai dengan ketentuan
  3. Pemeriksaan tinggi badan, berat badan, pengukuran IMT dan test buta warna

Pada seleksi ini apabila point 1 s.d 3 dinyatakan lolos, maka calon peserta berhak mendapatkan kartu tanda peserta dan dapat melakukan seleksi pada tahap berikutnya.

 

SELEKSI TAHAP II (TES TPA DAN WAWANCARA)

Peserta yang telah dinyatakan lolos pada tahap I wajib mengikuti  TPA dan Wawancara pada hari yang telah ditetapkan dan bertempat di Akper Pemprov Kampus 1 dan 2.

 

SELEKSI TAHAP III (PEMERIKSAAN KESEHATAN)

  • Pada tahap ke III ini, peserta yang telah dinyatakan lolos tahap ke II yaitu TPA dan Wawancara wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan dihari yang ditetapkan pada Puskesmas/RS yang telah ditunjuk oleh Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah dengan membawa formulir kesehatan, diisi dan ditempeli foto peserta (Formulir dapat didownload di website atau di kampus I dan II)


  • Biaya Pemeriksaan kesehatan ini ditanggung oleh peserta dan dibayarkan secara langsung di Puskesmas/RS tersebut.

 

NOMINASI DAN PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

  • Pengumuman hasil nominasi di umumkan pada hari dan tanggal yang telah ditentukan di website Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah dan di papan pengumuman masing-masing kampus I dan II.

 

REGISTRASI

  1. Registrasi bagi peserta yang lolos nominasi dapat melakukan registrasi sebagai calon mahasiswa baru Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah di kampus I maupun kampus II sesuai dengan tempat pendaftaran awal.
  2. Persyaratan registrasi calon mahasiswa baru dapat dilihat pada pengumuman nominasi seleksi calon mahasiswa jalur PMDP.
  3. Peserta yang tidak melakukan registrasi sampai dengan batas waktu yang ditentukan dinyatakan MENGUNDURKAN DIRI.

 

JADWAL SIPENMARU JALUR PMDP

NO

URAIAN KEGIATAN

TANGGAL

TEMPAT

1

Pengumuman

1 Maret - 10 Maret 2013

Website

2

Download berkas / pengambilan berkas pendaftaran

11 Maret  - 8 April 2013

Kampus I, Kampus II, website

3

Pendaftaran Jalur PMDP

11 Maret  - 10 April 2013

Kampus I atau Kampus II

4

Tes Tahap II (TPA dan wawancara)

22 April 2013

Kampus I atau Kampus II sesuai tempat pendaftaran

5

Pengumuman Tahap II 

25 April 2013

Kampus I atau Kampus II dan website

6

Tes Tahap III (Kesehatan)

26 April 2013

Puskesmas / RS yang telah ditunjuk Akper Prov Jateng (tempat pemeriksaan dapat dilihat pada saat pengumuman tahap II)

7

Pengumuman akhir

30 April 2013

Kampus I atau Kampus II dan website

5

Registrasi Mahasiswa baru

7 - 11 Mei 2013

Kampus I atau kampus II sesuai dengan tempat pendaftaran awal

 

6

MPPS (Masa Pengenalan Program Studi)

22 - 27 Juli 2013

Kampus I atau Kampus II sesuai penerimaan mahasiswa tersebut

7

Awal tahun akademik 2013/2014

 Agustus 2013

 

 

CATATAN :

Jadwal kegiatan bersifat tentatif, bila ada perubahan akan diumumkan melalui website Akademi Keperawatan Provinsi Jawa Tengah.

 

KETENTUAN TAMBAHAN

 

  1. Berkas pendaftaran peserta menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta kembali
  2. Keputusan panitia bersifat FINAL dan tidak dapat diganggu gugat


 DOWNLOAD BERKAS :

Surat Pernyataan

Formulir Pendaftaran

Form Tes Kesehatan

Form Ceklist

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya